Rabu, 30 November 2011

YAHOO VS GMAIL, FACEBOOK VS GOOGLE PLUS, YAHOO! MESSENGER VS GOOGLE TALK

YAHOO! VS GMAIL
YAHOO!
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! inc, yang dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang. Yahoo pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapatkan liburan ketika profesor mereka pergi ke kota karena cuti besar.
Dua mahasiswa teknik tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark besar, yang dikelompokan berdasarkan subjek. Kemudian mereka berpikir, mengapa tidak memasukannya ke web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah programe database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online. Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!.
GMAIL
Gmail adalah layanan website gratis yang disediakan olehgoogle. Di jerman, gmail secara resmi disebut sebagai google mail. Gmail beta di luncurkan pada april 2004, dan menggunakan sistem ‘undangan’ untuk proses pendaftarannya, di februari 2007, siapapun bisa mendaftar gmail tanpa harus diundang oleh pengguna gmail. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 7350 MB.

PERBANDINGAN YAHOO dan GMAIL
Perbedaan yahoo! Dengan gmail adalaha fasilitasnya. Yahoo! Yang mengkhususkan pada fasilitas mengirim pesan email, sedangkan gmail adalah gabungan dari berbagaifasilias yang tersedia di google. Bergabung dengan gmail anda bias dengan fasilitas dari google seperti picasa (foto), blogspot dan google skite untuk web, kalender pribadi dan publis, dokumen bersama, perpustakaan dan group.
Mengapa yahoo! Lebih banyak digunakan dari pada gmail ?. Karena yahoo! Memang lebih dahulu dari gmail. Karena itu gmail untuk orang yang sudah lama menggunakan email menjadikan gmail sebagai email sekunder karena gmail menyediakan fasilitas untuk meneruskan email yang diterimanya ke email sekuder seperti di yahoomail.

SUMBER INFORMASI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!
http://id.wikipedia.org/wiki/Gmail
FACEBOOK VS G – PLUS
FACEBOOK
Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelagiran 14 mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini keanggotaannya mmasih dibatasi ubtuk mahasiswa dari harvard college. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannyadiperluas kesekolah lain di wilayah Boston (Boston College, University Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah – sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 september 2006, orang dengan alamat surat – e apapun dapat mendaftar di facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis, dan sekarang facebook merupakan situs peringkat no 1 yang dicari orang – orang di dunia.
G – PLUS (GOOGLE PLUS)
Google plus resmi diluncurkan pada hari selasa tanggal 28 bulan juni 2011, bertujuan untuk menyaingi situs jejaring sosial lainnya yang sudah terlebih dahulu tenar seperti facebook. Google pun beberapa kali sudah mencoba menyaingi facebook dengan membuat google buzz, orkut, dan google wave, namun tetap saja masih gagal dan belum menuju kesuksesan, seperti diberitakan disuatu berita bahwa google plus juga sudah ada yang berversikan bahasa inndonesia.
Banyak fitur yang ditawarkan google plus dibandingkan jejaring sosial pendahulunya diantaranya :
1. Circle yaitu berguna untuk membuat sebuah group atau kelompok
2. Photos yaitu berguna untuk menggugah foto bisa melalui ponsel (ponsel yang mendukung)
3. Spark , berguna untuk menseleksi minat pengguna dan menawarkan cerita, video, ataupun foto yang mungkin disukai pengguna (sumber google search)
4. Stream bisa dibilang seperti newafeed dashboard
5. Hangouts berguna dimana pengguna dapat melakukan video chat dengan satu orang atau banyak orangsekaligus. Mungkin fitur ini yang menjadi senjata andalan bagi google plus sebab fitur ini tidak dimiliki para pesaingnya
6. Huddle berguna dimana para pengguna dapat melakukan chat.
PERBANDINGAN FACEBOOK VS G – PLUS
• google plus adalah layanan sosial media baru dengan konsep baru, yaitu untuk group tertarget dengan kemudahan membuat group (circles) dengan cara drag and trop. Google plus memungkinkan sharing dengan seseorang yang concern dengan sesuatu masalah dengan cara sangat mudha.
• Facebook di sisi lain bukan sebuah layanan sosial media yang tertarget, kalaupun anda bisa membuat teman – teman anda menjadi tebagi dalam beberapa kelompok dibutuhkan langkah yang sangat sulit sehingga banyak orang yang mengabaikan hal ini. Ujung – ujungnya banyak orang bermasalah dengan privasi mereka di facebook.
• Sebuah layanan di google plus memberikan perbedaan besar dengan facebook, yaitu hangout. Layanan hangout adalah layanan video chatting yang bisa menampung 10 orang atau lebih dalam satu chatting secara simultan. Telah banyak yang mencoba layanan ini dan sebagian besar mereka sangat puas dengan hangout, meskipun masih terdapat beberapa bugs. Layanan ini dapat dijalankan dengan windows, mac, dan linux. Hangout berjalan dengan sistem browser
• Berbeda dengan facebook yang baru – baru ini juga memberikan layanan yang hampir mirip namun dari pihak ketiga, yaitu skype yang merupakan aplikasi. Menurut pcmagazine.com layanan video chat dari facebook tidak mensupport group chatt seperti google plus serta tidak bisa berjalan dengan linux
• Di google plus anda dapat melihat pop up sebuah foto dari wall anda. Jadi lebih mudah dan simple, melakukan tag juga sangat mudah karena adanya face detection otomatis
• Di facebook tagging foto dan browsing foto yang lebih cepat. Bila anda melihat foto di facebook, foto tersebut tidak akan muncul dalam pop up. Artinya anda harus klik foto tersebut untuk melihat secara detail
SUMBER INFORMASI :
http://m.kompasiana.com/post/internet/2011/07/20/tentang-google-gplus

YAHOO! MESSENGER VS GOOGLE TALK
YAHOO MESSENGER!
Yahoo messenger (sering disingkat Y!M atau YM) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diaksesmenggunakan Yahoo! ID yang bisa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! Yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Pengguna ID ini juga memgakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e – mail.
Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan microsoft untuk bergabung dalam jaringan instan messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Meseenger dapat berhubungan dengan layanan. Net Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi 13 Juli 2006. Pada februari 2009, versi terbaru Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows 9.0.0.2136.
GOOGLE TALK
Google talk adalah layanan aplikasi instant messaging yang dikeluarkan oleh google, Gtalk pada dasarnya sama seperti yahoo! messenger yaitu sebagai alat aplikasi yang memungkinkan si pengguna melakukan obrolan yang disebut dengan istilah chatting.
Google talk pada awal kemunculannya mendapatkan banyak sambutan hangat dari para pegiat internet, hal ini dikarenakan google talk memiliki fitur yang tak kalah menarik dibandingkan para pendahulunya seperti, Yahoo! Messenger, MSN, Aol, dll. Google talk memiliki tampilan lebih sederhana namun berdampak pada kecepatan yang baik.

PERBANDINGAN YAHOO! MESSENGER VS GOOGLE TALK
• Yahoo! Messenger menawarkan dukungan firewall, modus siaga satu program yang minimizes sampai sambungan internet dibuat. Kemampuan untuk menyimpan dan mencetak percakapan, dan tab antar muka yang menyediakan akses cepat ke saham favorit, berita, olahraga dan nilai.
• Fitur – fitur lainnya mencakup kemampuan untuk membuat chat room secara otomatis, info harga saham, kemampuan untuk mengirim pesan ke teman (bahkan jika mereka sedang tidka online), sebuah qick compact mode yang meneymbunyikan messenger untuk memaksimalkan melihat kawasan, tema messenger, shattinf dan suara yang memungkinkan untuk berbicara secara gratis kepada siapa sajaa lain di internet juga termasuk launchcast radio, yahoo! games, dan yahoo! audibels. Menggunakan webcam, dapat melihat siapa yangs edsng chatting atau melihat webcam segala conten yahoo! anggota yang telah memberikan diakses.
• Google talk merupakan sebuah klien messenger instant milik google. Google talk memerlukan download perangkat lunak, memiliki lebih banyak fitur dan dapat diakses pada kebanyakan ponsel, inilah yang membedakannya dari aplikasi google chatt lainnya
• Software, perangkat lunak google talk adalah software, sebuah aplikasi google talk adalah instant messaging yang mirip dengan AOL Instant Messenger atau Yahoo! Messenger. Bedanya Google video chatt, di sisi lain tidak memerlukan download perangkat lunak. Hal ini dapat digunakan dengan login ke account google mklik anda pada setiap browser internet dan kemudian melakukan video chatt
• File transfer, pengguna google talk dapat mengirimkan file ke orang – orang yang mereka ajak chatting dengan menggunakan perangkat lunak. Beberapa jenis file dapat dikirimkan seperti, file audio, file video, gambar, dokumen dan banyak lagi. Pengguna menerima file tersebut langsung dan transfer muncul dalam jendela obrolan
• Video Plug – In, pengguna google talk harus men – download plug – in untuk memiliki kemampuan video di google talk.
SUMBER INFORMASI :
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Messenger
http://www.ihsanfirdaus.com/google-talk-gtalk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar